Kini, berkirim korespondensi melalui surat elektronik (surel/email) sudah menjadi hal yang jamak. Umumnya kita menggunakan alamat email yang dihosting di penyedia layanan surel gratis. Ada banyak penyedia layanan email gratis, puluhan bahkan mungkin ratusan. Yang paling terkenal misalnya google mail, yahoo mail, MSN/Hotmail. Bagaimana dengan UGM? Apakah memungkinkan kita mendaftar email yang dihosting di server UGM? Tentu akan memberikan nilai kebanggaan tersendiri bila kita memiliki email dengan domain @ugm.ac.id kan?

Memiliki email dengan domain nama lembaga tertentu memang keren. Bangga itu pasti. Apalagi bila lembaga penyedia adalah institusi terkenal. Tentu akan lebih meningkatkan citra diri dan kebanggaan pribadi. Kredibilitas akan semakin terdongkrak karena email berakhiran lembaga tentunya tidak diperuntukkan bagi semua orang. Hanya orang-orang yang berafiliasi dengan lembaga tersebut yang diperbolehkan menyandangnya.

Baca juga : 12 Cara Membuat Tulisan Menarik dalam 35 Menit

Memiliki email dengan akhiran @ugm.ac.id atau @mail.ugm.ac.id tentunya sangat membanggakan. Ini menunjukkan bahwa kita sedang atau pernah menjadi bagian dari Universitas Gadjah Mada. Memiliki email dengan akhiran nama lembaga bisa menjadi semacam bukti otentik bahwa kita adalah bagian dari lembaga tertentu. Dalam hal ini menjadi bagian dari civitas akademika salah satu kampus tertua di Indonesia.

Bagaimana tidak, selain merupakan salah satu kampus tertua di Indonesia, UGM adalah kampus unggulan dan favorit. Belum lama ini bahkan UGM menjadi universitas nomor 1 di Indonesia (lihat daftar universitas terbaik di Indonesia versi Webometric). Lalu bagaimana caranya untuk mendapatkan kesempatan langka ini? Caranya mudah, yang penting kita pernah terdaftar menjadi mahasiswa atau saat ini bekerja menjadi staf di UGM.

Baca juga : Akhirnya, Sukses Instalasi ArcGIS 10.4 Berlisensi

Bagi alumni yang belum memiliki email saat terdaftar menjadi mahasiswa sayangnya sekarang tidak memungkinkan untuk mengajukan permohonan. Jadi, selagi anda menjadi bagian dari UGM, segeralah mendaftarkan diri sebab email UGM berlaku seumur hidup. Apabila kita sudah lulus atau tidak lagi menjadi bagian dari civitas akademika UGM tapi kita pernah memiliki email UGM maka email tersebut akan terus aktif. Dengan kata lain, email kita tidak akan ditutup setelah kita lulus atau tidak lagi menjadi bagian aktif di UGM.

Ada sedikit perbedaan pengurusan bagi pemohon berstatus staf dengan berstatus mahasiswa. Ada lagi pengurusan untuk lembaga internal UGM dan lembaga mahasiswa. Untuk mahasiswa maka domain yang digunakan adalah @mail.ugm.ac.id sementara untuk staf, unit kerja dan lembaga mahasiswa menggunakan domain @ugm.ac.id. Selengkapnya, prosedur permohonan email UGM adalah sebagai berikut : Pendaftaran email untuk Unit Kerja, Dosen-Tenaga Kependidikan, Mahasiswa dan Unit Kegiatan Mahasiswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published.