Posting Pendaftaran Email Civitas Akademika Universitas Gadjah Mada ini merupakan kelanjutan dari posting Cara Mendaftar Email di Server UGM @mail.ugm.ac.id. Posting sebelumnya merupakan pengantar dan hal-hal yang perlu diketahui sebelum mendaftarkan email dengan domain ugm.ac.id di belakangnya.

Pendaftaran email untuk Unit Kerja

  1. Pimpinan Unit Kerja (unit-unit dibawah fakultas) membuat surat pengajuan email yang ditujukan ke Direktur Direktorat Sistem dan Sumber Daya Informasi UGM.
  2. Surat permohonan ditandatangani oleh pimpinan unit kerja, serta dicantumkan alamat email dan nomor HP penanggungjawab email tersebut.
  3. Surat permohonan bisa dikirimkan melalui email ke dsdi@ugm.ac.id (surat yang sudah discan) atau diantar langsung ke Direktorat Sistem dan Sumber Daya Informasi UGM.
  4. Petugas layanan akan sesegera mungkin membuatkan email setelah surat diterima di bagian layanan.

Baca juga : Kölner Dom, Gereja Gothik Kebanggaan Kota Cologne

Pendaftaran email untuk Dosen-Tenaga Kependidikan

  1. Pemohon/Pendaftar alamat email baru dapat mendaftarkan alamat email yang diinginkan dengan mengisi formulir pendaftaran di https://mail.ugm.ac.id/nwmail/
  2. Pemohon/Pendaftar harus menggunakan alamat email yang mengandung nama asli dari pemohon/pendaftar.
  3. Formulir yang telah diisi akan diperiksa keabsahan datanya oleh Petugas Layanan.
  4. Pemeriksaan ini dilakukan dengan cara;
    • Petugas Pelayanan mencocokkan data verifikasi yang diisikan dengan data yang ada di Universitas;
    • Bagi pemohon/pendaftar yang statusnya sebagai Pegawai Negeri Sipil, verifikasi dapat dilakukan oleh Petugas Pelayanan dengan mencocokkan data yang ada di HRIS. Bila data sesuai, maka Petugas Pelayanan akan memberikan persetujuan dan melakukan aktifasi akun tanpa perlu meminta kehadiran Pengguna. Bila data tidak sesuai atau tidak ditemukan maka Pemohon/Pendaftar harus hadir di DSDI untuk melengkapi kekurangan data yang diperlukan untuk aktifasi;
    • Bagi pemohon/pendaftar yang statusnya sebagai tenaga honorer SK dekan/lembaga tetap diminta untuk menunjukkan surat/kartu pegawai di instansinya masing-masing ke Front Desk DSDI agar akun email di antrian segera bisa disetujui dan digunakan;
  5. Bila lebih dari dua(2) bulan dari saat pengajuan/pendaftaran email, pengguna belum melengkapi kekurangan data yang berakibat akun belum diaktifkan, maka akun email yang ada di antrian akan dihapus;

Baca juga : Delapan Meme untuk Kalian Desainer Grafis

Pendaftaran email untuk Mahasiswa

  1. Daftar secara online melalui http://mail.ugm.ac.id/wmail/?a=email Isikan seluruh field yang diminta dengan data yang benar. Untuk domain email, pilih yang @mail.ugm.ac.id, karena yang @ugm.ac.id digunakan untuk dosen dan lembaga-lembaga di UGM (himma menggunakan domain email @ugm.ac.id). Nama akun harus menggunakan format formal (sebaiknya nama mahasiswa). Jangan lupa, field nomor kartu identitas harus diisi dengan Nomor Mahasiswa yang benar karena nanti akan digunakan untuk verifikasi. Setelah lengkap terisi, klik Daftar.
  2. Langkah selanjutnya, tunjukkan Kartu Mahasiswamu ke ke Front Desk DSDI agar akun email di antrian segera bisa disetujui dan diaktivasi.
  3. Setelah account email di aktivasi oleh petugas, emailmu sudah bisa digunakan. Lakukan login melalui webmail.ugm.ac.id. Biasanya, pada login pertama selalu gagal. Jangan panik dulu. Berdasarkan info dari petugas PPTIK, triknya adalah dengan mengirimkan dulu email ke alamat email UGM mu yang baru itu. Dengan demikian, inboxmu akan terbentuk dan login bisa dilakukan dengan lancar.

Baca Juga : 11 Kalimat yang Bikin Desainer Grafis Ngelus Dada

Pendaftaran email untuk Unit Kegiatan Mahasiswa

  1. Pengurus/Ketua Unit Kegiatan Mahasiswa membuat surat pengajuan email yang ditujukan ke Direktur Direktorat Sistem dan Sumber Daya Informasi UGM.
  2. Surat permohonan ditandatangani oleh ketua Unit Kegiatan Mahasiswa dan diketahui oleh Wakil Dekan Bidang Akademik (atau wakil dekan yang membawahi UKM di Fakultas), serta dicantumkan alamat email dan nomor HP penanggungjawab email UKM tersebut.
  3. Surat permohonan bisa dikirimkan melalui email ke dsdi@ugm.ac.id (surat yang sudah discan) atau diantar langsung ke Direktorat Sistem dan Sumber Daya Informasi UGM.
  4. Apabila surat permohonan dinilai sudah sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan, maka akun email akan secepatnya dibuatkan oleh petugas pelayanan. Tetapi jika ada kekurangan, pengurus UKM akan diminta memperbaiki kekurangan yang dimaksud.

Baca juga : Cara Mendapatkan Lisensi MSOffice Gratis

Jika masih bingung, bisa baca FAQ mengenai pembuatan email. Jangan lupa taati peraturan penggunaan email.

Ditulis oleh S.T. Pradopo dari sumber DSSDI UGM

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.