Bagian ini akan mempelajari tentang berbagai fitur yang tersedia dalam NetLogo sembari kita menjelajahi berbagai model dalam Model Library.
Sepanjang tutorial, kita akan diminta untuk membuat prediksi tentang apa pengaruh perubahan nilai parameter terhadap model. Hal yang harus diingat bahwa pengaruh tersebut dapat menjadi sangat di luar dugaan. Kita berpikir bahwa hal-hal di luar dugaan ini sangat menarik dan memberi peluang yang sangat luar biasa untuk belajar.
Anda mungkin ingin mencetak tutorial agar lebih mempermudah dalam mengoperasikan NetLogo.
Sampel Model: Wolf Sheep Predation
Kita akan membuka sampel model dan melihatnya secara detail. Mari mencoba model biology: Wolf Sheep Predation, sebuah podel populasi predator-prey.
• Open the Models Library from the File menu.

• Choose “Wolf Sheep Predation” from the Biology section and press “Open”.
Tabulasi antar muka terisi oleh banyak sekali tombol, switch, slider dan monitor. Antar muka ditandai oleh berbagai macam warna. Biru untuk tombol. Fungsinya untuk melalukan set up, memulai dan menghentikan model. Slider dan switch berwarna hijau. Fungsinya untuk merubah nilai seting model. Monitor dan plot berwarna beige. Fungsinya untuk menampilkan data.
Zoom digunakan untuk membesarkan jendela display agar hasil model lebih nampak.
Pada saat membuka NetLogo, anda akan menjumpai tampilan masih kosong dan berwarna hitam. Untuk memulai model, anda harus melakukan set up.
• Press the “setup” button.
What do you see appear in the view?
Pada monitor tergambar padang rumput dengan serigala dan domba yang tersebar secara random.
• Press the “go” button to start the simulation.
As the model is running, what is happening to the wolf and sheep populations?
Gambar domba dan serigala bergerak tidak beraturan dan jumlahnya berubah (bertambah dan berkurang)
• Press the “go” button to stop the model.

Mengontrol Model: Tombol
Saat tombol ditekan, model merespon dengan action. Tombol dapat berupa “tombol sekali” atau “tombol selamanya”. Anda dapat membedakan kedua jenis tombol ini dengan tanda panah di pojok bawah tombol.
“tombol selamanya” : action model berjalan terus menerus (looping)
Catatan : klik pertama akan memulai proses, klik kedua akan menghentikan sementara proses, klik ketiga akan melanjutkan proses.
“tombol sekali berhenti”: action model hanya berjalan satu kali langkah proses kemudian berhenti.
Catatan: anda dapat melanjutkan proses dengan melakukan klik setiap kali anda inginkan.
Cara lain untuk menghentikan proses adalah dengan item “Halt” pada menu Tools. Namun, penggunaan “Halt” hanya dilakukan apabila model mengalami error atau hang. Menggunakannya pada kondisi normal akan membuat proses medeling terganggu dan dapat menyebabkan hasil model tidak sesuai.

Mengontrol kecepatan: Slider Kecepatan.
Anda dapat mengatur agar proses monitoring jalannya model berjalan dengan kecepatan tertentu.

Dengan tombol diatas maka anda dapat memperlambat proses atau sebaliknya, mempercepatnya. Menggeser bulatan kecepatan ke arah kiri akan memperpanjang waktu penghentian sementara antar proses. Ini dilakukan saat anda memerlukan untuk menganalisis proses secara detail. Menggeser bulatan kecepatan ke arah kanan akan memperpendek waktu penghentian sementara antar proses. Ini berguna saat model yang anda jalankan membutuhkan waktu yang lama. Namun dengan ini anda tidak akan melihat setiap langkah dalam proses secara detail. NetLogo tidak akan menampilkan perubahan layar untuk setiap proses. Namun jangan khawatir karena ini tidak akan mempengaruhi proses. Proses modeling sendiri tetap berjalan langkah demi langkah di dalam NetLogo.

Leave a Reply

Your email address will not be published.