Citra satelit sangat berguna bagi pemantauan situasi di permukaan bumi. Kepentingan penelitian di tingkat tapak maupun lansekap sangat terbantu dengan adanya citra satelit. Semakin hari, ketersediaan citra satelit semakin beragam dengan diluncurkannya berbagai platform satelit. Saat ini sangat mudah mendapatkan citra satelit dengan resolusi yang  cukup tinggi secara gratis.

Salah satu citra satelit yang dapat diperoleh secara gratis adalah Landsat. Saat ini citra landsat yang umum digunakan adalah Landsat 8 OLI. Keunggulannya cukup banyak dibandingkan dengan seri-seri sebelumnya (MSS, TM, ETM) salah satunya adalah resolusi spektral yang lebih tinggi dibandingkan generasi sebelumnya.

Pemantauan kawasan hutan adalah salah satu bidang yang sangat terbantu dengan ketersediaan citra satelit. Selain dapat digunakan untuk memperoleh informasi terbaru atas dinamika kawasan hutan, citra satelit dapat juga digunakan untuk mendapatkan informasi masa lalu untuk membangun basis data serial berdasarkan waktu.

Contoh liputan kondisi tutupan hutan di Suaka Margasatwa Padang Sugihan dan daerah penyangga di sekitarnya adalah seperti disajikan pada gambar dibawah. Sajian citra satelit Suaka Margasatwa Padang Sugihan, Sumatera Selatan secara time series dapat anda temukan pada beberapa unggahan selanjutnya. Setiap gambar yang diunggah akan disertai interpretasi secara deskriptif.

citra-resolusi-tinggi-bebas-awan

Citra diatas tersedia dalam format jpeg maupun geotiff. Bagi netizen yang membutuhkan file dalam format geotiff untuk kepentingan analisis lanjutan, bisa meninggalkan pesan di kolom komentar. Salam.

 


Catatan tambahan :

Source Image : LE07_L1TP_124062_20000507_20170212_01_T1
Provider : USGS / Diakses dengan Earth Explorer
Satellite Platform : Landsat 7 ETM
Acquisition Date : 5 Juli 2000
Cloud cover : < 5%
Band Combination : 7-4-2
Usability :agricultural, wetland and geological studies

Descriptive Interpretation :

Pada tanggal liputan, SM Padang Sugihan dalam kondisi tutupan hutan yang relatif baik. Kawasan dan daerah penyangga di sekitarnya tampak hijau oleh tutupan vegetasi. Pembukaan lahan dalam skala kecil tampak di sisi sebelah barat kawasan. Kanal-kanal buatan di dalam kawasan membelah vegetasi hutan dan menghasilkan fragmentasi pada tegakan hutan asli. Pada bagian timur jauh, nampak tekstur yang seragam menandakan adanya tegakan hutan tanaman. Sementara di sisi barat laut terlihat bagian yang mengindikasikan adanya areal agrikultur.

Leave a Reply

Your email address will not be published.