Bagaimanakah gambaran tutupan vegetasi Suaka Margasatwa Padang Sugihan di awal tahun 2001?  Tampaknya sekilas tidak banyak yang berubah dari kondisi tutupan liputan tahun sebelumnya. Sebagian kawasan tertutup oleh lapisan awan cirrus sehingga mengurangi visibility bentang alam dibawahnya. Namun demikian masih tampak gambaran sekilas samar-samar tutupan hutan di dalam kawasan.

Perubahan yang paling tampak adalah perubahan warna di bagian kiri atas dan kiri bawah gambar. Bila pada posting sebelumnya sisi tersebut ditemukan areal yang berwarna gelap yang cukup luas (bandingkan dengan posting sebelumnya), pada liputan kali ini daerah tersebut mulai diselaputi warna kecoklatan. Mungkin sekali air yang menggenangi daerah tersebut mulai surut.

Ini merupakan indikasi awal mulai berubahnya musim dari penghujan ke kemarau. Curah hujan yang berkurang dan penguapan yang lebih tinggi bisa menjadi penyebabnya.

Daerah lain, terutama bagian dalam kawasan relatif tidak sda perubahan berarti kecuali satu bagian kecil kawasan yang berubah menjadi coklat tua (titik di bagian bawah kawasan yang tertutup awan). Bekas kebakaran hutan kah? Sangat mungkin!

Artinya? Ada aktivitas pembukaan lahan di dalam kawasan. Lebih jelasnya akan ada artikel khusus tentang hal ini.

 

Citra Landsat SM Padang Sugihan liputan tanggal 7 Maret 2001

 

Citra diatas tersedia dalam format jpeg maupun geotiff. Bagi netizen yang membutuhkan file dalam format geotiff untuk kepentingan analisis lanjutan, bisa meninggalkan pesan di kolom komentar. Salam.


Catatan tambahan :

Source Image : LE07_L1TP_124062_20010307_20170206_01_T1
Provider : USGS / Diakses dengan Earth Explorer
Satellite Platform : Landsat 7 ETM
Acquisition Date : 7 Maret 2001
Cloud cover : 30 – 50 %
Band Combination : 7-4-2
Usability :agricultural, wetland and geological studies

Leave a Reply

Your email address will not be published.